Tips Sederhana Mengolah Daging Kurban Jadi Empuk dan Harum

- 16 Juni 2024, 12:19 WIB
Daging sapi bisa empuk dengan tips sederhana.
Daging sapi bisa empuk dengan tips sederhana. /X/@denni_aji/

Padangrayanews.com - Momen lebaran Idul Adha sering dijadikan waktu untuk berkurban. Baik itu hewan kambing, sapi, kerbau, atau unta.

Terkadang setelah dilakukan penyembelihan hewan kurban, kita sering menjumpai daging yang dimasak masih keras dan bau amis.

Mengolah daging kurban agar empuk dan harum membutuhkan beberapa teknik yang tepat. Berikut adalah beberapa tips yang bisa diikuti:

1. Pemilihan Daging
Pilih daging yang segar dan tidak terlalu banyak lemak. Daging yang segar akan lebih mudah diolah dan tidak terlalu berbau.

2. Cuci dengan Air Mengalir
Setelah dipotong-potong, cuci daging dengan air mengalir untuk menghilangkan darah yang dapat menyebabkan bau amis.

3. Menggunakan Jeruk Nipis atau Cuka
Rendam daging dengan air perasan jeruk nipis atau cuka selama 30 menit sebelum dimasak. Ini dapat membantu mengurangi bau prengus (bau khas daging kambing atau sapi) dan juga membantu membuat daging lebih empuk.

4. Menggunakan Rempah-rempah
Gunakan rempah-rempah seperti jahe, kunyit, daun salam, dan daun jeruk dalam proses marinasi atau saat memasak. Rempah-rempah ini dapat membantu menghilangkan bau tidak sedap dan menambah cita rasa.

5. Teknik Marinasi
Marinasi daging dengan bumbu dan rempah selama beberapa jam atau semalaman. Proses ini membantu bumbu meresap ke dalam daging sehingga lebih empuk dan harum.

6. Proses Memasak yang Tepat
- Presto: Memasak daging dengan menggunakan panci presto dapat membuat daging cepat empuk.
- Rebus dengan Slow Cooker: Jika tidak memiliki panci presto, menggunakan slow cooker atau merebus daging dalam waktu yang lama dengan api kecil juga bisa membuat daging empuk.

Halaman:

Editor: Ruswan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah