Petani Harap Harga Karet Setara dengan Sekilo Beras

- 30 Juni 2024, 20:21 WIB
Ilustrasi Karet.
Ilustrasi Karet. /Padang Raya News/Freepik.com

PADANG RAYA NEWS - Petani karet berharap harga karet yang dibeli kepada petani setara atau sama dengan harga satu liter beras atau kisaran Rp15.000 per kilogram. Hal itu diungkapkan langsung oleh salah seorang petani di salah satu Kecamatan di Kabupaten Sijunjung kepada Padang Raya News pada Minggu, 30 Juni 2024.

Untuk saat ini, ia menyebut harga karet dikisaran Rp10.000 perkilogram. Harga tersebut, katanya, mulai membaik dari semenjak beberapa bulan lalu atau semenjak setelah selesainya pemilu 2024.

Baca Juga: Harga Komoditas Karet dan Pengaruh Kenaikan Dolar Amerika Serikat, Simak Penjelasannya Disini

"Harga karet saat ini Rp10.000 perkilogram atau mulai naik semenjak harga beberapa bulan lalu yang berkisar Rp8.000 - Rp9.000 saja," ucapnya.

Meskipun harga mulai naik, tapi ia belum puas dan khawatir jika harga turun kembali dan tengkulak atau toke membeda-bedakan harga karet antara 1 petani dengan petani lainnya.

Diharapkan Ada Informasi Harga Karet Secara Rutin dari Pemerintah

Untuk itu, ia berharap pemerintah bisa memberikan informasi harga karet secara rutin kepada masyarakat luas terutama petani sehingga tidak terjadi perbedaan harga.

"Jika harga dimainkan, tentu membuat kami para petani susah apalagi ada petani yang hanya menggarap lahan yang dimiliki oleh orang lain yang tentunya hasilnya dibagi dua," ucapnya.

Baca Juga: Benny Dwifa - Iraddatillah, 'Paket Petahana' yang Maju Bersama Lagi di Pilkada Sijunjung 2024, Ini Profilnya

Dengan harga karet Rp10.000 tersebut, ia saat ini hanya bisa pasrah sebab pencarian utamanya hanya berasal dari ladang karet milik orang yang ia garap.

Halaman:

Editor: Fauzaki Aulia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah