Tips Memilih Hewan Kurban Terbaik, Cek Gigi hingga Bulu!

- 13 Juni 2024, 13:38 WIB
Ilustrasi : Sapi Kurban Presiden
Ilustrasi : Sapi Kurban Presiden /Pikiran aceh/ist/

Padangrayanews.com - Pemerintah Indonesia resmi menetapkan lebaran Idul Adha 1445 Hijriyah yang sering disebut juga dengan hari raya kurban jatuh pada hari Senin, 17 Juni 2024.

Kini masyarakat luas disibukkan dengan berbondong bondong mencari hewan yang akan dijadikan kurban seperti kambing, sapi, kerbau, dan unta.

Memilih hewan untuk kurban memerlukan perhatian khusus agar sesuai dengan syarat dan ketentuan dalam Islam serta memastikan kesehatan dan kualitas hewan.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat diikuti untuk mencari hewan kurban agar kita tidak menyesal di kemudian hari, yaitu:

1. Jenis Hewan
Pastikan memilih jenis hewan yang diperbolehkan untuk kurban, yaitu kambing, domba, sapi, atau unta.

2. Usia Hewan
Hewan kurban harus memenuhi syarat umur. Untuk kambing dan domba minimal berusia 1 tahun, untuk sapi minimal berusia 2 tahun, dan untuk unta minimal berusia 5 tahun.

3. Kondisi Fisik
Pilih hewan yang sehat, tidak cacat, dan tidak sakit. Hindari hewan yang memiliki cacat seperti buta, pincang, kurus, atau memiliki telinga dan tanduk yang patah.

4. Bulu dan Kulit
Perhatikan bulu dan kulit hewan. Hewan yang sehat memiliki bulu yang bersih, tidak rontok, dan kulit yang tidak terluka atau berpenyakit.

5. Gigi
Pastikan hewan telah mengalami pergantian gigi seri bagian depan sebagai tanda telah mencapai usia dewasa.

Halaman:

Editor: Ruswan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah