Diharamkan MUI, Ini Daftar Minuman yang Diboikot karena Terafiliasi Penjajah Israel

- 13 November 2023, 17:26 WIB
Ilustrasi minuman.
Ilustrasi minuman. /Pixabay/congerdesign/

KONTEN PADANG - Setelah dinyatakan haram oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) sejumlah daftar minuman yang diboikot masyarakat, termasuk di Indonesia, karena terafiliasi penjajah Israel.

Berbagai minuman tersebut berasal dari perusahaan ternama seperti Coca Cola, Nestle, Pepsi, dan Danone.

Boikot ini bermula dari gerakan yang dilakukan Parlemen Turki secara yang secara tegas memboikot Coca-Cola dan Nestle. Pepsi pun dianggap sebagai produk barat yang pro dengan penjajah Israel.

Seruan boikot itu pun terus meluas, hingga muncul gerakan global boikot produk Israel secara global dikampanyekan dengan tajuk Boycott, Divestment, Sanctions (BDS). DBS merupakan salah satu inisiatif global yang menentang pelanggaran hak-hak Palestina oleh Israel.

Baca Juga: Aksi Damai Bela Palestina Kumpulkan Donasi Rp296.981.000 di Kota Padang Panjang

Di Indonesia, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa tentang hukum membeli produk dari produsen yang mendukung agresi Israel ke Palestina, mereka menegaskan hukumnya haram.

Fatwa tersebut merupakan bentuk komitmen dukungan kepada perjuangan kemerdekaan bangsa Palestina dan juga perlawanan terhadap agresi Israel, serta upaya pemusnahan kemanusiaan.

"Mendukung pihak yang diketahui mendukung agresi Israel, baik langsung maupun tidak langsung, seperti dengan membeli produk dari produsen yang secara nyata mendukung agresi Israel hukumnya haram," kata Ketua MUI bidang Fatwa, Asrorun Niam Sholeh saat menyampaikan hasil fatwa MUI di Jakarta, Jumat, 10 November 2023.

Baca Juga: ASN dan Warga Sumbar Salurkan Donasi Rp2,4 Miliar untuk Masyarakat Palestina
Sebagaimana dilansir Pikiran-Rakyat.com dari berbagai sumber, berikut daftar minuman yang diboikot karena terafiliasi penjajah Israel.

Halaman:

Editor: Vajrel Tri Ananda M

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x