Sumbar Kembangkan Kota Tua Padang jadi Kawasan Wisata Eksotik Internasional

- 9 November 2023, 09:34 WIB
Kawasan wisata Kota Tua Padang.
Kawasan wisata Kota Tua Padang. /Konten Padang/Rokcalva

KONTEN PADANG - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) terus beruapa mengembangkan kawasan Kota Tua Padang menjadi kawasan wisata eksotik berkelas internasional.

Gubernur Sumbar Mahyeldi saat acara Sosialisasi Perencanaan Pengembangan Kawasan Kota Tua Padang di Gedung Geo Whery & Co, Padang, Rabu 8 November 2023, menyebutkan, kawasan Kota Tua Padang adalah bagian dari daya tarik wisata unggulan di Kota Padang. Oleh sebab itu, kita serahkan masterplan sebagai pedoman dalam pengembangan kawasan ini kepada Pemko Padang.

"Penyerahan Masterplan Kota Tua Padang kepada Wali Kota (Wako) Padang, Hendri Septa, sebagai bahan pedoman dalam pengembangan kawasan tersebut sebagai kawasan wisata berkelas internasional di Sumbar," sambungnya.

Gubernur Mahyeldi juga menyatakan, pemerintah daerah terus berupaya menjadikan Kawasan Kota Tua Padang sebagai destinasi budaya yang menarik dan menjadi magnet kunjungan wisatawan ke Sumbar. Oleh karenanya, perlu dilakukan penataan kawasan sekaligus perlindungan serta pelestarian terhadap sejumlah situs situs budaya yang terdapat di kawasan tersebut.

"Tahun 2023 ini kita mendukung pengembangan Kota Tua Padang melalui penyusunan Masterplan Pengembangan Kota Tua Padang, dan pembuatan penanda dalam bentuk prasasti bagi 27 Benda Cagar Budaya (BCB) yang ada di sekitar kawasan ini," kata Mahyeldi lagi.

Menurut gubernur, peninggalan bersejarah tersebut merupakan warisan budaya Kota Padang yang sangat penting untuk dipelihara, dirawat, dan dilestarikan, demi menjaga kesinambungan nilai-nilai kultural dan karya budaya kota masa lalu, sehingga memberi manfaat untuk saat inidan di masa yang akan datang.

"Namun, dalam mewujudkan Kota Tua Padang sebagai salah satu destinasi wisata budaya unggulan kita, terdapat beberapa tantangan yang perlu dihadapi. Salah satunya adalah ancaman kepunahan atau pembongkaran terhadap bangunan-bangunan tua bersejarah yang ada di sini," tuturnya.

Menjaga Warisan Budaya dan Sejarah

Pelabuhan Muara Padang yang terletak di kawasan Kota Tua Padang
Pelabuhan Muara Padang yang terletak di kawasan Kota Tua Padang

Dalam upaya menjadikan Kota Tua Padang sebagai destinasi wisata yang berkelanjutan, sambungnya, diperlukan kegiatan sosialisasi perencanaan Masterplan Kota Tua Padang. Oleh karenaya, Gubernur mengajak semua pihak untuk berkolaborasi dalam menjaga, merawat, dan mengembangkan kawasan tersebut.

Halaman:

Editor: Vajrel Tri Ananda M


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x